Have an account?

Senin, 14 Maret 2011

Ekonomi terpusat


Ekonomi terpusat
Eonomi yang direncanakan adalah sistem ekonomi di mana negara mengarahkan perekonomian. Ini adalah sistem ekonomi di mana pemerintah pusat kontrol industri sedemikian rupa sehingga membuat keputusan utama mengenai produksi dan distribusi barang dan jasa. Yang paling bentuk yang luas disebut ekonomi sebagai ekonomi komando, perencanaan pusat, atau ekonomi komando dan kontrol.
Dalam ekonomi seperti, perencanaan ekonomi pusat oleh negara atau pemerintah mengontrol semua sektor utama perekonomian dan merumuskan semua keputusan tentang penggunaan sumber daya dan distribusi output  Perencana memutuskan. Apa yang harus diproduksi dan langsung menurunkan tingkat perusahaan untuk memproduksi barang-barang sesuai dengan tujuan nasional dan sosial.
ekonomi yang direncanakan yang berbeda dengan ekonomi yang tidak direncanakan, yaitu ekonomi pasar, dimana produksi, distribusi, harga, dan investasi keputusan dibuat oleh pemilik pribadi pabrik-pabrik produksi berdasarkan kepentingan individu mereka daripada pada rencana ekonomi makro. bentuk Dikurangi luas ekonomi yang direncanakan meliputi orang-orang yang menggunakan perencanaan indikatif, di mana negara mempekerjakan "pengaruh, subsidi, hibah, dan pajak, tetapi tidak memaksa." yang terakhir ini kadang-kadang disebut sebagai "ekonomi pasar terencana"
Sebuah ekonomi terencana dapat terdiri dari perusahaan milik negara, perusahaan swasta diarahkan oleh negara, atau kombinasi keduanya. Meskipun "ekonomi terencana" dan "ekonomi komando" sering digunakan sebagai sinonim, beberapa membuat perbedaan bahwa di bawah ekonomi komando, alat-alat produksi adalah milik publik. Artinya, ekonomi yang direncanakan adalah "suatu sistem ekonomi di mana pemerintah mengontrol dan mengatur produksi, distribusi, harga, dll" [9] tapi ekonomi komando, namun juga memiliki jenis peraturan, tentu memiliki kepemilikan publik besar industri  Oleh karena itu,. ekonomi perintah direncanakan ekonomi, tetapi belum tentu sebaliknya. 
Penting direncanakan ekonomi yang ada di masa lalu termasuk perekonomian Uni Soviet, yang, menurut perkiraan CIA Factbook, adalah untuk kedua kalinya ekonomi terbesar di dunia, China sebelum tahun 1978 dan India sebelum 1991. 
Awal tahun 1980-an dan 1990-an, banyak pemerintah memimpin ekonomi yang direncanakan dimulai dideregulasi dan bergerak menuju ekonomi berbasis pasar dengan membiarkan sektor swasta untuk membuat harga, produksi, dan keputusan distribusi. Meskipun sebagian besar ekonomi saat ini adalah ekonomi pasar atau ekonomi campuran (yang sebagian direncanakan), ekonomi yang direncanakan ada di negara-negara sangat sedikit seperti Kuba, Libya, Iran, Korea Utara, Arab Saudi, dan Burma.
System ini muncul sebagai akibat dari ketidakpuasan atas berbagai kelemahan system ekonomi pasar. Dalam keadaan tertentu system ekonomi pasar malah menimbulkan berbagai keburukan sehingga diperlukan campur tangan pihak lain dalam hal ini pemerintah. Sistem ekonomi ini pertama kali dicetuskan oleh Karl Marx.
Cirri-ciri system ekonomi terpusat :
a. Semua alat dan sumber produksi adalah milik Negara dan dikuasai Negara.
b. Segala kebijaksanaan perekonomian diatur oleh pemerintah.
c. Jenis-jenis pekerjaan dan pembagian kerjanya diatur oleh pemerntah.
Kebaikan system perekonomian terpusat adalah :
a. Pemerintah bertanggung jawab sepenuhnya terhadap perekonomian.
b. Pemerintah dapat menentukan jenis-jenis industry atau produksi.
c. Pemerintah dapat mengatur distribusi barang-barang produksi.
d. Pemerintah mudah melaksanakan pengendalian dan pengawasan harga.
Keburukan system ekonomi terpusat sebagai berikut :
a. Hak milik seseorang tidak ada kecuali barang-barang yang sudah dibagikan.
b. Potensi, inisiatif dan daya kreasi warga tidak dapat berkembang karena terbelenggu oleh kebijakan pemerintah.
c. Pada kenyataannya pemerintah sulit menghitung semua kebutuhan masyarakat dan besarnya biaya dari kegiatan-kegiatan produksi secara kompleks karena masalah-masalah ekonomi sangat kompleks.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar